Kamis, 05 Oktober 2017

Batu Akuamarine

Karena juga masih satu  keluarga dengan batu zamrud, batu akik permata yang banyak diminati Batu Aquamarine (disebut juga batu Biru Laut) dikenal sebagai batu permata Beryl yang berwarna biru sampai biru kehijauan. Kelompok mineral Beryl yang paling terkenal lantaran tidak miskin akan kromium-nya dikenal sebagai batu Zamrud (Emerald), yang dikenal sebagai salah satu dari empat  batu permata yang sangat berharga, 3  lainnya merupakan Berlian (Diamond), batu Merah Delima (Ruby), dan batu Safir (Sapphire). Aquamarine merupakan salah satu “batu kelahiran” untuk mereka yang lahir di bulan Maret. Batu ini keras sekali dan memiliki kemilau tidak biasa yang seperti kaca. Nama “Aquamarine” sendiri berasal dari bahasa Latin antik yang berarti “Air Laut”.

Batu akik Akuamarine biru dan batu Zamrud (Emerald) tergolong masih 1  keluarga, tapi mereka tidak banyak berbeda. Batu permata Aquamarine dan batu Zamrud (Emerald) keduanya dikenal sebagai silikat aluminium berilium. Sementara batu Zamrud (Emerald) mempunyai warna karena adanya jejak kromium (dan vanadium), sedangkan warna Aquamarine merupakan lantaran adanya unsur besi di dalam kristal beryl yang tak berwarna. Batu mulia Aquamarine dan batu Zamrud (Emerald) sejatinya mempunyai berat jenis dan indeks bias yang sama, tapi Clarity atau tingkat kejelasan batu Zamrud (Emerald) mencondong kabur dan penuh dengan inklusi, sementara batu Aquamarine asli mempunyai level kejelasan dan transparansi yang sangat baik. Kekerasan Aquamarine sama seperti jenis-jenis Beryl lainnya berkisar antara tujuh koma  lima sampai delapan skala Mohs, sehingga cukup keras dan tahan lama. Warna biru tua adalah warna Aquamarine yang paling dicari dan sungguh berharga. Morganite, Goshenite, Golden Beryl (Heliodor), Green Beryl dan Bixbite dikenal sebagai varietas beryl lainnya.
Mengenali Batu Aquamarine (Batu Biru Laut):

Batu Aquamarine yang asli memiliki rumus kimia Be3Al2(SiO3)6, biasanya dapat diidentifikasi melewati warna biru lautnya yang unik, lebih keras, dan mempunyai kemilau seperti kaca. Batu ini mempunyai level kejelasan dan transparansi yang sangat baik ketimbang dengan batu permata lainnya yang sejenis. Saat mengevaluasi batu ini, intensitas warna dan taraf kejelasannya adalah kriteria yang paling krusial Karena adanya jejak unsur besi, aquamarine Beryl mempunyai warna

Seperti halnya warna air laut, warna batu akik Aquamarine asli bisa biru muda, biru tua, biru-hijau dan hijau-biru. Semakin jenuh warnanya semakin tidak rendah juga harganya, meskipun nyaris semua batu ini biasanya berwarna biru muda. Warna biru yang sangat jenuh merupakan warna yang paling dicari, tapi jarang sekali ada yang berukuran gede. Ketika mengevaluasi batu permata berwarna, kriteria yang paling penting karena nyaris kebanyakan orang lebih mencari batu permata yang mengkristal dengan jelas.

Saat dilihat dengan mata, batu Aquamarine biru laut yang berkualitas dikenal sebagai yang bersih atau bening Adanya jejak blok mineral asing merupakan perihal yang langka, yang menyebabkan efek mata kucing atau Cat Eye (Chatoyancy) atau efek Star (Asterism) dengan 6  sinar yang terlihat berkilau. Jenis Aquamarine yang memiliki dampak mata kucing biasanya harganya lebih mahal, terlebih lagi yang memiliki imbas Star (Star Aquamarine) yang sungguh langka dan sungguh berharga. Saat dipotong dan dipoles dengan baik, aquamarine memiliki kemilau seperti kaca

Batu Aquamarine biasanya sudah melewati proses treatment Heated (dipanaskan pada suhu yang tidak rendah untuk meningkatkan warna dan kejelasannya. Treatment ini biasanya dilakukan pada batu mulia jenis Sapphire, Ruby, Tanzanite, Apatite dan Zircon biru), tetapi banyak juga yang tidak melewati treatment. Pemanasan pada suhu tidak tinggi bakal mengurangi warna hijau dan kekuningan yang tak diinginkan. Aquamarine dengan warna yang lebih gelap nyaris tentu telah melewati proses treatment Heated, serta batu yang berkualitas rendah biasanya dipanaskan pada suhu 725-850 F atau 400-450 C untuk meningkatkan warnanya menjadi Aquamarine biru yang lebih menarik. Pemanasan pada suhu yang lebih tidak rendah bakal merusak warnanya.

Batu permata lainnya yang menyerupai batu Aquamarine antara lain Larimar, Amazonite, Tourmaline, batu Safir (Sapphire) dan Spinel.
Wilayah Penghasil batu Aquamarine
Penghasil batu Aquamarine yang paling terkenal dikenal sebagai Brazil, dengan banyak tambang yang tersebar hampir di seluruh negara tersebut. Deposit lainnya juga ditemukan di Australia, Myanmar (Burma), China, India, Kenya, Madagascar, Mozambique, Namibia, Nigeria, Pakistan, Zambia dan Zimbabwe, dan juga sejumlah lokasi di United States. Di Karur, India, baru-baru ini sudah menjadi pemasok terbesar Aquamarine.
Penggunaannya Sebagai Perhiasan:

Batu Aquamarine dikenal sebagai batu permata dekoratif yang cocok dengan seluruh warna kulit atau mata, yang membuatnya menjadi favorit di sepanjang masa bagi wanita di seluruh dunia. Batu ini dikenal sebagai batu permata yang populer, yang tidak susah untuk digunakan, tidak sedikit tersedia, harga terjangkau, dan terus berkembang karena popularitas dan permintaan yang tiada hentinya. Batu Aquamarine mempunyai sifat keras dan tahan lama, yang memenuhi syarat untuk aneka jenis aplikasi desain perhiasan. Batu Zamrud (Emerald) biasanya diminyaki untuk mengisi patahan dan retakan-retakannya dan untuk meningkatkan warnanya, namun batu Aquamarine tak memerlukan perlakuan eksklusif dan cocok untuk seluruh jenis perhiasan, contohnya seperti cincin batu Aquamarine yang dipakai sehari-hari. Batu Aquamarine juga populer sekali digunakan sebagai anting-anting. Selain itu, lantaran kesempurnaan transparansinya, biasanya juga dipakai sebagai liontin kalung. Selain cincin, liontin dan anting-anting, batu Aquamarine juga sering dijumpai dalam perhiasan berupa gelang, kalung, bros dan masih tidak sedikit lagi.
Perawatan Batu Aquamarine (Batu Biru Laut):

Batu Aquamarine dikenal sebagai salah satu jenis batu permata yang lebih tahan lama dari pada yang lainnya, penanganan yang cermat dan hati-hati masih diperlukan oleh tetapi. Hindari memakai perhiasan batu Aquamarine saat bekerja dengan bahan kimia keras. Untuk mencegah terjadinya goresan, selalu simpan batu Aquamarine terpisah dari jenis batu permata atau perhiasan lainnya. Saat membersihkan, tisu atau kain yang lembut digunakan oleh gunakan air hangat dan sabun dan keringkan batu Aquamarine dan perhiasannya. Semua residu sabun dihilangkan oleh pastikan untuk membilas dengan bersih batu Aquamarine untuk. Bungkus batu Aquamarine dengan kain yang lembut saat menyimpannya, atau masukkan ke dalam kotak yang berlapis kain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar